Sabtu, 27 Juni 2015

Pondok Pesantren Pluralisme



Belajar Pluralisme dari Ponpes Edi Mancoro Tuntang
Di pondok ini tak hanya diajarkan agama Islam, pelajaran agama lain juga diajarkan. Pluralitas agama dijunjung tinggi, membekali santri sebagai pendamping masyarakat.

Pondok Pesantren ini menjadi tempat bertemunya banyak penganut agama yang berbincang tentang Pluralisme dan Multikulturalisme. Perbedaan dimaknai sebagai keberagaman dari Tuhan tidak untuk berpecah belah, namun dari perbedaan itu menjadikan agama sebagai dialog-dialog antar agama dan peradaban untuk mencari titik temu kebersamaan. Itulah inti dari pluralisme yang disemai di Pondok Pesantren Edi Mancoro Salatiga, Jawa Tengah.  
 Pesantren Edi Mancoro terletak 15 km arah selatan dari Kota Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dari Ambarawa bisa ditempuh dengan bus selama 30 menit. Dari Ambarawa menuju Salatiga, turun di Pasar Jetis Salatiga, dilanjutkan naik angkutan 01 jurusan Jetis-Banyuurip. Setelah menempuh jarak empat kilometer, sampailah kita di Pondok Pesantren Edi Mancoro.
Pesantren ini terletak di Dusun Bandungan, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Hawa sejuk pedesaan menyentuh kulit, menyapa lewat sepoi angin. Beberapa santri terlihat membersihkan lingkungan pondok, menyapu halaman, dan membersihkan kaca jendela. Sebagian yang lain bermain bola di halaman pondok.
Senyap, tenang. Itulah kesan yang dapat ditangkap di sana. Sebagian besar santri terdiri dari mahasiswa yang tengah menyelesaikan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri, Salatiga.
Azan magrib berkumandang. Semua santri bergegas menuju masjid yang terletak di dalam pondok pesantren, berjarak 200 meter dari wisma santri. Sehabis salat Magrib, beberapa santri kelas satu dan dua mengaji kitab kuning di aula. Di pesantren ini ada lima kelas.
“Bagi santri baru, walaupun di luar sudah kuliah di perguruan tinggi, dia tetap harus mengikuti pelajaran di kelas satu, karena materi pelajaran agamanya belum ia peroleh,” kata M. Nurrokhim, salah seorang ustaz Pesantren Edi Mancoro. Selain itu, juga ada kegiatan belajar bersama seminggu sekali yang diikuti semua santri. Mereka berkumpul menurut kelompok usia. Beberapa pelajaran, di antaranya, membaca selawat, berlatih khotbah, musyawarah dan diskusi, serta belajar qiraah. 

Tidak Mahal
Sebagian besar santri di Ponpes Edi Mancoro berasal dari kota-kota di sepanjang pantai utara Jawa, seperti Demak, Kudus, Jepara, Rembang, Kendal. Namun, ada beberapa di antaranya yang berasal dari luar Jawa. Hampir 85% di antaranya berstatus mahasiswa, sisanya para siswa sekolah menengah, baik SMA, STM, maupun sanawiah.
Sebagian besar memilih belajar di pesantren ini karena memang ingin mendapat pendidikan agama. Tetapi, untuk mendukung pendidikan umum dari sekolah formal di luar ponpes, Pondok Edi Mancoro mempersilakan para santri mengikuti pendidikan formal di luar pondok.
Iuran para santri tidak mahal, hanya Rp 9.500 per bulan. Sementara biaya makan, minum, dan pemeliharaan kesehatan, harus ditanggung sendiri. Para santri putri kebanyakan memilih memasak sendiri, sementara para santri putra makan di warung.
Sebagai kegiatan penunjang, pesantren memiliki Koperasi Pesantren, penyewaan komputer, Taman Pendidikan Al-Quran, dan perpustakaan. Anggota koperasi bisa memilih kelompok usaha di unit-unit koperasi, seperti unit simpan-pinjam, pertanian, peternakan, dan perdagangan. “Setiap santri bebas memilih unit kegiatan koperasi sesuai dengan minat dan bakatnya. Bahkan, tidak aktif pun tidak apa-apa,” ujar Ustaz Nurrokhim.

Berbagai Agama
Sebagian besar santri mengisi waktu luang dengan membaca buku, terutama buku-buku tentang remaja, di perpustakaan, termasuk majalah dan koran. “Kecuali menjelang ujian atau tugas sekolah, mereka banyak yang pinjam buku-buku pelajaran,” kata Ali Masykur, ketua unit perpustakaan.
Dalam bulan Ramadan, pesantren selalu menyelenggarakan diskusi lintas agama. Pihak ponpes membentuk panitia kecil yang bertugas mengundang narasumber yang terdiri dari para pemimpin agama untuk berdiskusi dengan para santri, juga para tamu undangan dari berbagai agama. “Berkumpul dengan pemeluk agama lain kan sangat jarang. Saya kira, pondok lain yang salaf juga jarang. Kegiatan ini bertujuan agar santri siap menerima perbedaan, bisa saling berbagi, berdiskusi, dan, itu tadi, bisa saling menerima perbedaan,” ujar Nurrokhim. 
“Ini merupakan kegiatan langka, jarang dilakukan pondok pesantren lain di Indonesia. Apalagi kalau sistem pengajarannya masih salaf,” tambahnya
Pondok Pesantren Edi Mancoro berdiri pada 1989, menempati tanah seluas 3.000 m2. Saat diresmikan, pesantren ini memilki enam bangunan yang dikelilingi ribuan pohon salak pondoh yang rimbun. Karena sering ada program pelatihan yang digelar Yayasan Desaku Maju pada kurun 1979-1984, pada 1987-1988 dibangunlah pondok, sebagai tempat pendidikan dan pelatihan. Kalau tidak ada kegiatan, para santri belajar mengaji di sana. Awalnya hanya 10 orang. Tetapi setelah itu jumlahnya terus bertambah, sehingga lama-kelamaan berkembang seperti sekarang. 
Awalnya, kata KH Mahfudz Ridwan, santri yang diterima adalah lulusan S-1 dan pasca-lulus pesantren, asal lulus tes masuk. “Tidak harus beragama Islam. Pemeluk agama Kristen, Hindu, Budha, Katolik, Konghuchu, pun diperbolehkan. Jadi, seperti fakultas perbandingan agama. Pengajarnya dari luar, semacam dosen terbang, dan sebagian alumnus. Mereka juga memiliki latar belakang agama yang berbeda. Barangkali lebih tepat dikatakan sebagai pesantren pluralis,” jelas KH Mahfudz yang juga adalah alumnus Baghdad University (Iraq) sekelas dengan KH Musthofa Bisri dan KH Abdurrahman Wahid. 
Seperti apa santri paripurna diidam-idamkan? “Kemandirian santri, dan kemampuan mereka memandirikan masyarakat, begitulah tepatnya visi dan misi pesantren ini dirancang. Saya mengetahui persis kondisi kawan-kawan mahasiswa. Saya pernah mengajar di STAIN sejak 1972. Saya tahu persis kualitas mahasiswa yang masuk STAIN. Harapan saya, mereka belajar lebih dini, memiliki nilai tambah dalam belajar, daripada mereka yang ada di pondok pesantren. Setelah lulus dari perguruan tinggi, karena sebagai santri sering mengadakan latihan, dia langsung memiliki keterampilan dan bisa mendampingi masyarakat. Tugasnya memandirikan masyarakat, dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya,” pungkas KH Mahfudz Ridwan menutup perbincangan.(***) Aji Setiawan, penulis tinggal di Purbalingga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar